Wednesday 16 April 2014

IMG-20130604-00083
Pagi yang cerah menyambut kita untuk berkeliling Bangkok. Seperti biasa, sikat gigi, mandi, dan sarapan pagi di 7 Eleven, kami segara bersiap – siap untuk menuju Grand Palace (landmark kota Bangkok), jangan ngaku pernah ke Bangkok dech, kalo tidak pernah mengunjungi Grand Palace. Perjalanan menuju Grand Palace, penuh drama, perjuangan dech…. Lho ? Napa gitu? Yup, kita hampir menjadi korban SCAMMING dalam perjalanan menuju Grand Palace.

Gini ceritanya. Pas di Sanam Luang Park (sebuah taman besar sebelum kompleks Grand Palace), banyak  ibu – ibu yang melemparkan makanan burung ke burung merpati, ibu – ibu tersebut akan melemparkan makanan burung ke tas atau baju kita atau menawari kita membantunya melemparkan makanan tersebut. Setelah itu, mereka akan meminta uang. Karena gue sudah menyadari itu, maka gw menghindarinya dengan berjalan di seberang.

Sialnya, ada seorang bapak berpakaian rapi dan mengaku sebagai guru dan menanyakan teman gw kita mau kemana, dan dia mengetahui kita akan pergi ke Grand Palace. Dia menyarankan kita kembali 2 jam lagi, karena Grand Palace sedang ditutup untuk turis. Kemudian, dia meminjam buku dan pulpen saya untuk menggambarkan peta menuju tempat lain, dan memanggil tuk – tuk.

Nah, ketika itu, langsung aja saya sadar kalo gw sedang lagi diprospek untuk menjadi korban scam nya, hehe… Gw langsung meminta buku dan pulpen gw kembali. Dan cuek kepada bapak tersebut sambil meminta maaf kalo gw cuma mau mengambil foto dinding Grand Palace aja.
Ini dech parahnya, dia tiba – tiba marah dan langsung berteriak keras – keras : “ YOU ALL STUPID !!! GO THERE !! GO THERE !! THE PALACE WAS CLOSED !! STUPID !!!!.” Benar – benar buat gw bete aja.

Ne gambar rute dari Khao San Road menuju Grand Palace ya ! (Yang simbol no. 1 tuch Grand Palace)

Grand Palace Map

Grand Palace

Nah, setelah melewati bapak scammer tersebut, kita tiba di persimpangan, dan melihat ada rombongan turis yang banyak, dan mengikuti mereka hingga sampai ke gerbang masuk yang benar menuju Grand Palace dan bertuliskan : “GRAND PALACE OPENS EVERY DAY” (HOREEE!!!!)

Kuil – kuil berwarna emas yang cukup banyak dan megah membuat gw terpesona untuk mengambil cukup banyak foto. Kita menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk mengelilingi semua komplek Grand Palace ini.

20130604_085807 20130604_090031 20130604_090133 20130604_091401

Setelah mengelilingi kuil – kuilnya, dari foto gw yang cakep di atas (yang cakep yang di belakang gw ya), terlihat kalau cuaca yang cerah mulai mendung. Kita segera cepat – cepat menuju Istana Grand Palace untuk mengambil foto sebelum hujan turun deras dan meninggalkan komplek ini menuju Wat Pho.

20130604_095602
Hujan gerimis mulai turun ketika kita dalam perjalanan menuju Wat Pho, dan kita membatalkan niat menuju Wat Pho dech dan langsung menuju Siam Shopping Centre agar tidak kehujanan (Owh sial !!!).

Siam Shopping Centre

Siam Shopping Centre ini berjejer dari MBK – Siam Discovery – Siam Centre – Siam Paragon – Central – Platinum – Pratunam Market. Benar – benar panjang ya ? Dan gw juga ga sanggup kok menjelajahi semuanya, cukup MBK ampe Siam Paragon z, gw da bosan di dalam mall (hehehe…).
Oya, cara menuju Siam Shopping Centre, dari Wat Pho, jalan aja ke sebarang menuju pasar kecil, dan di dalamnya terdapat dermaga Tha Thien Pier.

grand-palace-crop (Sumber : jejakvicky.com)

IMG-20130604-00105

Nah, dari Tha Thien Pier ini, Anda cukup menunggu taxi boat yang berlayar ke Central Pier (Thaksin Pier). Ne rute taxi boat dari Tha Thien Pier menuju Central Pier.

img-routes-2

Dari peta rute di atas, terlihat jelas Tha Thien Pier di N8 dan kita mesti menaiki taxi boat yang tidak memiliki bendera atau yang memiliki bendera oranye.

d2354c80dd2f3c43ada92adfda3c5b8a151501

Kalau Anda ingin menuju Wat Arun, yang terletak di seberang Tha Thien Pier, Anda mesti menaiki cross river ferries dari Tha Thien Pier seperti gambar rute di atas.

Wat Arun

Dari Central Pier ini, Anda cukup berjalan sebentar menuju BTS Skytrain dan menunggu Skytrain. Ne peta rute BTS Skytrain di Bangkok :

BTS-mapDari peta rute di atas, Anda berada di BTS Saphan Taksin (S6), Anda naik aja BTS Skytrain Silom Line (National Museum) dan berhenti di BTS Siam.

IMG-20130604-00117

Di BTS Siam, pergilah ke MBK melalui skybridge dan Anda dapat mengambil foto cakep kek gini (hehehehe…)

IMG-20130604-00173
Tiba di Siam, kita segera menuju MBK terlebih dahulu. Segera ? Tentu saja, lapar bro !!! Langsung naik ke lantai 5, menuju Food Court MBK dengan 60 Baht, dapat menu kek gini loh !!

IMG-20130604-00127

Sluuurrrpppp !!! Yummy !!!

Karena merupakan mall, gw membeli makanan snack seperti Ta Kae Noi, baju bola tim lokal, dan sebagainya. Cukup 4 jam z menurut gw di Siam telah membuat gw sangat bosan di sini. Jam 5 sore, kita makan di Food Court sebelum berangkat menuju Sa Tai Mai Terminal. Ne menunya.

IMG-20130604-00158

Kalau yang ini rasanya asam kali !!! Gak enak !!

Ne dech peta mall – mall yang ada di Siam Shopping Complex beserta hotel Baiyoke. Pratunam Market terletak di Petchamburi Road ya !!

map

14 Jam Perjalanan Menuju Phuket

Tiba di Sa Tai Mai, menuju 7 Eleven dulu seperti biasa, kemudian mencari platform 60 tempat bus menuju Phuket berada. Jam 19.30 tepat kita berangkat menuju Phuket !!!
Fasilitas bus 2 tingkat ini cukup nyaman, AC yang dingin, dibekali selimut, bantal, roti, dan air minum. Cukup nyaman !!
Jam 00.00 bus akan berhenti di tempat peristirahatan selama 30 – 40 menit, untuk cuci muka, ke toiler, atau bagi Anda yang ingin belanja dan makan (lagi – lagi).

IMG-20130605-00160 IMG-20130605-00159 IMG-20130605-00162

Bus kemudian kembali melanjutkan perjalanan jauh ke selatan, dan gw mengalami insomnia selama perjalanan bus ini.